Sudah Beranjak Remaja, 4 Cara Maudy Koesnaedi Biasakan Anaknya Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Maudy Koesnaedi dan anaknya (Instagram)

ERA.id - Ketika anak beranjak remaja dan mulai bisa melakukan hal yang mereka sukai sendiri, tak jarang fase ini membuat banyak orang tua khawatir, terlebih dalam urusan makanan yang dikonsumsi. Hal ini juga dirasakan oleh aktris Maudy Koesnaedi yang putranya, Eddy Meijer kini sudah berusia remaja, yakni 14 tahun.

Untuk mengatasi anak mengonsumsi makanan sembarangan saat sekolah atau saat berada di luar rumah, Maudy Koesnaedi ternyata punya caranya sendiri. Apa saja caranya Maudy agar anaknya tetap mengonsumsi makanan bergizi? Yuk, simak langsung di bawah ini. 

1. Mengajarkan anak pentingnya mengonsumsi makanan bergizi

Contoh makanan sehat dan bergizi (Unsplash.com/anna pelzer)

 

Hal pertama yang dilakukan oleh Maudy adalah memberikan pengertian pada anaknya bahwa mengonsumsi makanan bergizi itu penting. Dengan kesadaran yang dimiliki anak tersebut, maka mereka memiliki pengetahuan bahwa mengonsumsi makanan bergizi seimbang seperti buah dan sayur itu dibutuhkan tubuh mereka.

"Sebenarnya pertama kesadaran anaknya sendiri dulu sih, bahwa dia tahu perlu makan sayur dan buah atau makanan gizi seimbang itu penting," ujar Maudy Koesnaedy saat webinar, pada Selasa (7/12/2021).

2. Peran orang tua menyediakan makanan

Tak hanya dari sisi anak, dari sisi orang tua juga diperlukan usahanya agar anak tetap mengonsumsi makan bergizi. Dengan orang tua mampu menyuguhkan makanan sehat dan enak, maka anak tidak akan merasa terpaksa saat menyantapnya.


"Kalau kita juga orang tua bisa menyuguhkan makanan bergizi dan juga enak, itu anak bisa jadi tidak terpaksa untuk makannya," kata Maudy.

3. Berkomunikasi yang baik dengan anak

Komunikasi yang baik dengan anak (Unsplash.com/Sofitutor)

 

Menurut bintang film Losmen Bu Broto itu, mengajarkan anak untuk selalu makan makanan bergizi harus dikomunikasikan dengan baik. Tidak perlu dengan cara mengancam atau menakuti anak karena itu tidak baik untuk mental mereka. Ia juga menyarankan untuk orang tua mencari tahu cara komunikasi dengan anak yang baik dengan mempelajari riset para psikolog.

"Cara mengkomunikasikan ke anak-anak juga perlu diperhatikan. Tidak lagi dengan cara mengancam-ancam atau menakut-nakuti. Kayaknya sudah banyak juga psikolog yang nge-share gimana cara orang tua memperlakukan anaknya dengan baik," jelas Maudy Koesnaedi.

4. Ajak anak ke tempat nongkrong dengan makanan sehat

Tak harus selalu di rumah, Maudy juga menyatakan bahwa membiasakan anak untuk mengonsumsi makanan bergizi juga bisa dengan mengajak mereka nongkrong di cafe. Pilih cafe yang menyajikan menu makanan sehat, sehingga anak bisa menyantapnya dalam suasana yang baru.

"Diajak ke tempat-tempat yang cozy, yang nyaman di cafe tapi menu makanannya, makanan yang sehat. Jadi tidak semua makanan tempat gaul itu makanannya yang harus gaul juga. Dalam arti kata kalorinya tinggi, gulanya tinggi gitu. Pengalaman saya dengan anak, kami mencoba untuk kalau keluar mencari menu makanan yang sehat," pungkas Maudy Koesnaedi.

Nah, itulah beberapa cara yang dilakukan aktris Maudy Koesnaedi untuk membiasakan anaknya mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Bagi kamu orang tua yang sedang menghadapi fase ini, yuk untuk pelajari dan terapkan caranya, ya!

Tag: makanan sehat Maudy Koesnadi makanan bergizi remaja

Bagikan: